Hari OTDA ke 27, Sekda Bangkep Sampaikan 3 Amanat Mendagri

SALAKAN POST, SALAKAN – Pada peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke 27, Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaksanakan upacara peringatan di halaman kantor Bupati, Sabtu (29/4).

Sekretaris Daerah (Sekda), Rusli Moidady yang mewakili Pj Bupati, memimpin dan membawakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Titio Karnavian dalam upacara yang dihadiri segenap unsur Forkopimda dan Staf Ahli Bupati itu.

Tiga amanat penting Mendagri Tito yang dibacakan Sekda dalam momentum tersebut, yakni berkaitan dengan Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengendalian inflasi, dan penurunan stunting secara nasional.

Pada soal PAD, Mendagri Tito menghimbau daerah dengan PAD yang masih rendah agar bisa menciptakan inovasi dalam pengelolaan sumber daya lokal yang bisa memberikan nilai.

“Saya juga menghimbau bagi Daerah yang masih rendah PAD-nya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD,” baca Sekda.

Sebagaimana arahan Presiden soal pengendalian inflasi tahun 2023, Mendagri menekankan agar senantiasa menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di Daerah.

Selain itu, Mendagri juga menyampaikan target penurunan stunting nasional tahun 2023 hingga di angka 17 persen.

“untuk itu kami menghimbau kepada seluruh Kepala Daerah untuk mengambil langkah strategis dalam upaya menekan angka stunting di wilayah masing-masing

Pemerintah pusat menargetkan tahun 2023 angka Stunting anak turun menjadi 17 persen secara Nasional,” sebut Mendagri melalui Sekda.

Di akhir sambutan Sekda mengajak seluruh peserta upacara untuk berdoa bersama agar apa yang menjadi tujuan otonomi daerah dapat terwujud. (*/Rif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *